Jika pernah ada aplikasi cad 3D yang dapat dibandingkan dengan mentega cair yang halus dan lembut, TinkerCAD akan menjadi satu. Jika Anda belum mengalaminya, Anda harus melakukannya. Anda hanya harus. Aplikasi pemodelan 3D berbasis web keluar dengan versi baru dan ini hanya tentang semua yang Anda inginkan dan harapkan dalam aplikasi pemodelan 3D yang mudah digunakan. Dan dari kelihatannya, mereka telah meletakkan dasar untuk aplikasi 3D yang akan datang.

Tinkercad

Versi pertama Tinkercad sangat mengagumkan. Yang ini, bahkan lebih. Keunggulan Tinkercad adalah, tidak hanya aplikasi 3D berbasis web yang responsif, tetapi juga memiliki fungsionalitas dasar yang akan Anda temukan di aplikasi 3D lainnya. Khususnya, bagaimana Anda berinteraksi dengan geometri. Dalam banyak hal, itu lebih baik. Ini tentu lebih halus dan lebih sederhana, sampai-sampai saya bertanya-tanya mengapa perangkat lunak pemodelan 3D lainnya begitu rumit. Anda memiliki bentuk dasar dan gerakan seret & lepas dengan kontrol yang sangat halus. Interaksi objek itu indah. Setiap objek memiliki titik kontrol untuk menyesuaikan ukuran dan orientasi, ditambah itu terkunci dan skala dengan menggunakan tombol SHIFT. Ini cukup sederhana untuk pemodel pemula dengan cukup untuk membuat pemodel tingkat lanjut tetap tertarik.

Mereka lebih fokus pada kemungkinan cetak 3D dengan kemampuan untuk segera mengirim model Anda ke Shapeways, imaterialise atau Ponoko. Anda juga memiliki opsi untuk mengunduh .stl untuk mencetak atau memodifikasi sendiri.

Meskipun fungsional, ada lebih banyak fitur yang bisa digunakan. Hal yang ingin saya lihat adalah menu konteks, pengubah geometri (seperti fillet, chamfer, dll.), kontrol permukaan dan ekspor. Saya yakin mereka mempertimbangkan fitur seperti ini dan lebih untuk menyenangkan dan mengejutkan akal sehat 3D kami. Saya juga akan terkejut jika mereka berhasil sepanjang tahun ini tanpa diakuisisi. Tentu saja, Cobalah.

Pengarang

Josh adalah pendiri dan editor di SolidSmack.com, pendiri di Aimsift Inc., dan salah satu pendiri EvD Media. Dia terlibat dalam rekayasa, desain, visualisasi, teknologi yang mewujudkannya, dan konten yang dikembangkan di sekitarnya. Dia adalah Profesional Bersertifikat SolidWorks dan unggul dalam jatuh dengan canggung.